Liverpool akhirnya kembali merasakan juara Liga Inggris setelah terakhir kali juara pada 30 tahun yang lalu, kepastian juaranya Liverpool ditentukan oleh pertandingan antara Chelsea vs Manchester City, Chelsea berhasil mengalahkan Manchester City yang sedang berada di posisi kedua klasemen sementara, atas hasil tersebut, poin Liverpool sudah tidak mungkin lagi terkejar oleh pesaingnya Manchester City sehingga Liverpool berhak atas juara Liga Inggris Musim ini. Faktanya adalah Chelsea lagi-lagi menjadi penentu juara tim lain, sebelumnya pada tahun 2016 Chelsea juga menjadi penentu juara Leichester City saat tim tersebut melawan Tottenham Hotspurs yang juga pada saat itu sebagai tim berperingkat kedua, tapi ada fakta-fakta menarik Liverpool juara liga Inggris lainnya yang patut anda ketahui selain fakta diatas.

Pertama, seperti telah disebutkan sebelumnya gelar Liga Inggris Liverpool kali ini adalah gelar pertama Liverpool sejak 27 April 1990 saat terakhir kali mereka juara, tepatnya 30 tahun bagi mereka untuk kembali menjuarai Liga Inggris. Kedua, Liverpool sebenarnya punya peluang untuk mendapatkan gelar Liga Inggris pada beberapa musim sebelumnya yaitu sebanyak 5 kali, walaupun tidak sampain menjadi juara, tapi setidaknya mereka sempat menjadi yang terbaik kedua atau runner up. Ketiga, Gelar Musim 2019/2020 ini menjadi gelar ke 19 bagi mereka di Liga Inggris, satu tingkat lebih sedikit dibawah Manchester United yang telah memperoleh gelar Liga Inggris sebanyak 20 titel.

Keempat, walaupun selama 30 tahun Liverpool tidak merasakan gelar Liga Inggris, akan tetapi Liverpool masih bisa juara di kompetisi lain sebanyak 17 kali, diantaranya FA Cup 3 kali, EFL Cup 4 kali, Community Shield 3 kali, UEFA Champions Leagur 2 kali, EUROPA League 1 kali, UEFA Super Cup 3 kali dan FIFA Clup World Cup 1 kali. Kelima, pencapaian Liverpool pada musim ini sangatlah fantastis, mereka benar-benar lapar akan gelar Liga Inggris sehingga mereka juara saat pertandingan masih menyisakan 7 partai lagi, ini merupakan rekor yang belum pernah terjadi sebelumnya. Keenam, Pelatih Liverpool saat ini yaitu Jurgen Klopp adalah orang Jerman pertama yang berhasil mengantarkan klub yang dibesutnya memenangkan gelar Liga Inggris, sampai saat ini belum ada orang Jerman lain yang bisa melakukannya.

Ketujuh, terhitung selama 30 tahun penantian juara, Liverpoot tercatat sudah mengganti manager nya sebanyak 9 kali, mulai dari Roonie Moran, Rafael Benitez hingga Jurgen Klopp. Kedelapan, sejak terakhir kali juara pada tahun 1990 Liverpool sudah mengganti apparel jerseynya sebanyak 5 kali, mulai dari Adidas, Reebook, Warrior Sport, New Balance dan untuk musim ini yaitu Nike. Kesembilan, estafet pemimpin di tubuh Liverpool sudah berganti sebanyak 10 pemain mulai nama-nama seperti Ronnie Whelan, Ian Rush, Steben Gerrard hingga yang sekarang Jordan Henderson.

Kesepuluh, pemain Liverpool yang mendapatkan medali Liga Inggris sebanyak 21 pemain, dan hal tersebut telah bertambah seiring masih ada beberapa pemain muda lainnya yang masih melum merasakan 7 pertandingan di liga Inggris dan salah satu pemain mudah mereka Elliot menjadi pemain termuda yang mendapatkan medali Liga Inggris di usianya yang baru 17 tahun. Mereka pantas juara di musim ini, selamat untuk Liverpool.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here