Baru-baru ini dunia sepak bola dikejutkan oleh kabar dari Liverpool. seperti yang diberitakan The Sun, skuad Liverpool menolak untuk tampil di ajang Community Shield tahun 2020 yang mana akan mempertemukan juara Liga Inggris dan Piala FA tahun 2019-2020.

Menurut laporan The Sun, Liverpool menolak untuk tampil di ajang tersebut karena berbagai pertimbangan, salah satunya adalah akan berkurangnya waktu istirahat mereka jika memutuskan untuk ambil bagian dalam ajang tersebut. Seperti yang kita tahu, bahwa memang waktu istirahat dari klub-klub Liga Inggris benar-benar sedikit karena pandemic virus Corona.

Untuk Liverpool sendiri, pelatih Jurgen Klopp langsung membubarkan skuad mereka selepas laga pamungkas Liga Inggris 2019-2020 yang digelar akhir pekan lalu. Sayangnya, jatah liburan mereka di musim panas 2020 tidak akan sepanjang tahun-tahun sebelumnya, ini semua imbas dari molornya penyelenggaraan kompetisi musim ini.

Tidak hanya klub-klub di Liga Inggris yang akan merasakan jatah liburan yang lebih singkat, klub-klub di Liga Eropa dan Liga Champions 2019-2020 juga akan memiliki waktu istirahat yang jauh lebih sempit. Berdasarkan informasi yang telah dihimpun, sisa Liga Eropa dan Liga Champions 2019-2020 akan berlangsung dari 5-23 Agustus 2020. Kemudian pada September 2020, kompetisi domestik akan kembali bergulir.

Jika berdasarkan rencana, FA kembali menggulirkan Liga Inggris musim 2020-2021 pada September 2020. Sementara untuk laga Community Shield 2020, akan digelar di Stadion Wembley pada Sabtu 29 Agustus 2020 nanti.

Saat ini, yang menjadi pertanyaan setiap orang adalah siapa yang akan turun di Community Shield 2020 untuk menggantikan Liverpool. menurut laporan The Sun, FA akan menarus finalis Piala FA 2019-2020, Arsenal dan Chelsea, untuk bertemu di ajang yang merupakan opening dari Liga Inggris 2019-2020 tersebut.

Pertanyaan selanjutnya, lantas apakah ada sanksi yang akan diberikan FA jika saja Liverpool enggan untuk tampil di Community Shield? Sebelumnya, pada tahun 1999-2000, rival dari Liverpool, yakni Manchester United juga pernah menolak untuk turun di ajang Piala FA.

Kala itu, Manchester United enggan untuk tampil karena dihadapkan dengan jadwal yang padat. Karena pada saat itu, Manchester United menjuarai Liga Champions 1998-1999, Manchester United juga tampil di Piala Dunia Klub 2000 yang digelar di Brasil. Meski menolak untuk tampil di Piala FA, FA masih mengizinkan Manchester United untuk tampil di Piala FA musim selanjutnya.

Sampai detik ini, kabar Liverpool yang menolak tampil di Community Shield masih berdasarkan rumor semata, yang belum tentu kebenarannya. Skuad asuhan Jurgen Klopp itu masih memiliki peluang untuk ambil bagian di ajang tersebut.
Terlebih lagi, sudah begitu lama Liverpool tidak menjadi yang terbaik di Community Shield. Dan terakhir kali Liverpool berhasil menjadi kampiun Community Shield pada tahun 2006 setelah menang 2-1 kontra Chelsea.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here