Thiago Alcantara kini sudah resmi menjadi bagian dari skuad Liverpool untuk musim 2020/2021. Spekulasi mengenai rumor transfer yang sebelumnya santer banyak dibicarakan kini sudah mencapai titik akhir. Euforia kedatangan pemain anyar ini memang sedang dirasakan oleh The Reds. Namun dibalik semua itu Liverpool harus waspada dengan kelemahan sang pemain yang bisa berbahaya.

Liverpool resmi mendatangkan Thiago pada Jum’at (18/9/2020) lalu. Pemain ini direkrut dari Bayern Munchen dengan nominal angka pembelian mencapai kisaran 26-27 juta pounds.

Dua hari setelah kedatangannya, Klopp langsung memberikan kesempatan untuk Thiago Alcantara turun dalam laga melawan Chelsea selama 45 menit. Penampilan pemain yang berposisi gelandang ini sangat mencolok sekali walaupun baru pertama kali menjalani pertandingan di premier league.

Pada pertandingan tersebut Thiago juga mencetak rekor sebagai pemain baru yang menerima jumlah operan terbanyak dalam durasi waktu 45 menit pertandingan.

Performa pemain anyar The Reds ini membuat fans bersuka cita. Hal ini membuktikan bahwa aktivitas transfer pemain untuk musim panas ini berhasil.

Akan tetapi mantan pemain Birmingham City yaitu Kenny Cunningham memperingatkan agar Liverpool tetap waspada. Hal ini karena Thiago memiliki kelemahan yang bisa saja merugikan tim.

“Jangan salah, saya pikir dia akan mendapatkan kesempatan bermain di Liga Champions, pertandingan kejuaraan serta beberapa laga tertentu di liga,” ujarnya dalam OTB Football Podcast.

“Anda bisa melihatnya sedikit kemarin [Minggu], mereka punya pemain cadangan dalam pertandingan kemarin dan dia ditanyai sejumlah pertanyaan secara bertahan dan tak punya jawabannya,” lanjutnya.

Salah satu aspek yang menjadi sorotan Cunningham terkait Thiago adalah aksi berbahaya yang dilakukan sang pemain terhadap Timo Werner yang merupakan penyerang Chelsea. Beruntungnya pada laga tersebut Liverpool tidak kebobolan karena penyelamatan kiper Alisson Becker.

“Hadangan yang ia lakukan yang menjadi penalti, anda tak bisa menutup mata soal itu. Pengambilan keputusan macam itu, sungguh, alarm peringatan berbunyi dengan keras di sini,” tambahnya.

“Saat pertandingan besar datang, saat hal seperti ini menjadi penting, saat kami membutuhkan orang yang bisa dipercaya, bermainlah dengan disiplin, lihat bahaya, rasakan, buatlah keputusan yang baik.”

“Kapan harus diam, kapan harus terjatuh ke tanah, dan juga tahu cara melakukan tackle. Saya tidak yakin dia benar-benar paham cara melakukan tackle secara teknis,” pungkasnya.

Dalam hal ini tentu saja sang juru taktik Jurgen Klopp harus bisa memberikan arahan yang tepat untuk sang pemain. Jangan sampai kesalahan sepele memicu sebuah kerugian bagi tim.

Liverpool kini sudah mendatangkan beberapa pemain baru untuk mengarungi ketatnya musim 2020/2021. Sebagai juara bertahan Premier League tentu saja tidak ingin tersungkur begitu saja dan kehilangan titel juara.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here