Liverpool menjadi salah satu klub yang memiliki kekuatan dan prestasi yang cukup gemilang. Setelah menjuarai premier league 2019/2020 tentu saja The Reds menambah daftar trofi.

Namun, sebagai salah satu klub besar nampaknya liverpool tidak selalu melakukan belanja pemain dari  klub besar Eropa. Kadang kala Liverpool mencari materi pemain dari klub yang turun kasta.

Bahkan bisa dikatakan aktivitas transfer pemain Liverpool untuk beberapa musim ke belakang tidak begitu heboh. Selain dari Mohamed Salah, Virgil Van Dijk dan Allison Becker, Liverpool bisa dikatakan tidak begitu menarik perhatian dalam hal melakukan belanja pemain secara besar-besaran.

Misalnya saja untuk musim ini, Klub yang dibesut oleh Juergen Klopp ini hanya mengeluarkan dana sekitar 10.4 juta euro untuk belanja pemain. Bahkan sebagian besar dana yang dikeluarjan untuk membajak pemain RB Salzburg yaitu Takumi Minamino.

Terlepas dari hal tersebut, tercatat ada lima pemain yang direkrut oleh The Reds dari klub yang masuk zona degradasi. Siapa saja pemain tersebut? Berikut ini daftarnya!

Xherdan Shaqiri

Pemain yang satu ini berasal dari klub Stoke City yang mengalami masa buruk di musim 2017/2018. Klub tersebut turun divisi.

Bisa dikatakan keberuntungan untuk Shaqiri karena The Reds bersedia untuk menyelematkannya dari degradasi ke kasta bawah. Liverpool rela menggelontorkan dana hingga 13 juta ponds untuk mengaktifkan klausul pelepasan sang pemain.

Shaqiri di fungsikan sebagai pelapis untuk Roberto Firmino, Sadio Mane dan Mohamed Salah. Walaupun demikian, namun sang pemain tetap senang untuk gabung The Reds.

Andrew Robertson

Setelah Hull City terdepak dari premier league musim 2016/2017, Andrew Robertson diboyong oleh The Reds ke Anfields. Perekrutan sang pemain nampaknya sangat lancar dan maharnya juga terbilang murah yaitu 8 juta pounds.

Kini pemain tersebut menjadi mesin assist yang mengisi posisi kiri pertahanan dengan Trent Alexander Arnold.

Georginio Wijnaldum

Georginio Wijnaldum adalah pemain yang didatangkan pada musim 2016. Banyak yang merasa terkejut dengan rekrutan Liverpool ini. Pasalnya untuk nominal uang yang harus dikeluarkan adalah 23 juta pounds. Pemain ini berasal dari New Castle yang terdegradasi di musim tersebut.

Namun, setelah direkrut Liverpool, sang pemain langsung menunjukan performa yang cukup bagus dan menjawab semua keraguan atas dirinya. Pemain ini mampu memerankan posisinya sebagai gelandang dengan baik.

Untuk performa terbaiknya yaitu di musi 2019 pada liga champions. Meskipun masuk sebagai penain pengganti namun berhasil menciptakan 2 gol untuk mengantarkan The Reds masuk final dan menyingkirkan Barcelona.

Danny Ings

Pada saat memboyong pemain ini, Liverpool tidak mengeluarkan biaya. Pasalnya pada saat Burnley terdegradasi, masa kontrak pemain ini habis.

Akan tetapi karir pemain ini di The Reds tidam begitu bagus. Hal ini karena sang pemain hanya menjadi pengisi ruang ganti mengingat sering cedera. Penampilannya hanya sebanyak 25 kali saja. Akhirnya pada musim 2018 pemain ini memustuskan hengkang ke Southampton.

Charlie Adam

Penampilan Charlie Adam sangat gemilang sekali di musim 2010/2011 bersam blackpool. Hanya saja gagal untuk mengangkat timnya untuk tetap di premier league.

Mengingat penampilannya yang gemilang maka tidak heran jika Liverpool menjadi salah satu tim yang tertarik memboyongnya. Mahar untuk sang pemain adalah 6.75 juta pounds. Akan tetapi sangat disayangkan karena penampilannya tidak sebagus di Blackpool.

Hanya memberikan sumbangan dua gol dari 37 penampilan yang dilakoninya bersama The Reds. Pada tahun 2012, Adam resmi dilepas ke Stoke City.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here