Liverpool adalah salah satu tim raksasa sepakbola dari Inggris, tim yang berdiri pada tahun 1892 ini telah meraih banyak prestasi, hal ini membuat para pemain-pemain Liverpool berhasil cetak sejarah bagi tim. Yang terbaru, tim berjuluk “The Reds” ini baru saja berhasil meraih gelar Liga Inggris setelah penantian panjangnya selama 30 tahun, kini raihan trofi domestiknya sudah berjumlah 19 EPL dan 7 piala FA.

Selain itu, Liverpool juga menjadi tim dengan raihan trofi Liga Champions terbanyak di Britania Raya dengan 6 trofi, yang terakhir mereka raih pada tahun 2019 saat mengalahkan tim Inggris lainnya Tottenham Hotspurs di babak final. Prestasi Liverpool ini bisa diraih karena mereka memiliki pemain-pemain hebat yang selalu di elu-elukan pendukung Liverpool, dari sejak dulu hingga sekarang tercatat banyak pemain yang berhasil dan turut andil dalam kesuksesan tim yang bermarkas di Anfield Stadium, berikut pemain-pemain Liverpool yang berhasil cetak sejarah bagi timnya.

Ian Rush, membela Liverpool dari tahun 1988 hingga 1996 dia layak memegang predikat sebagai striker terbaik Liverpool sepanjang masa, dia berhasil menceta 348 gol dari 668 pertandingannya di semua kompetisi, tak hanya itu, Ian Rush menjadi penyerang dengan jumlah gol terbanyak pada Derby Merseyside kontra Everton, Ian rush mengemas 25 gol di Derby tersebut. Michael Owen, dia tercatat sebagai pemain Liverpool termuda yang membela timnas Inggris, ia pertama kali membela timnas Inggris pada usia 18 tahun 59 hari, laga debutnya tersebut berlangsung kala timnas Inggris menghadapi bersua Chile pada tahun 1998, dia sukses menjadi seorang legenda, baik untuk Liverpool atau timnas Inggris.

Xabi Alonso, dia pernah menjadi jenderal lapangan tengah Liverpool di tahun 2004 hingga 2009, Alonso pun tercatat menjadi pemegang rekor yang berhasil mecetak gol dari jarak terjauh di Liga Inggris, dia berhasil mencetak gol dengan jarak 64 meter saat Liverpool bertemu dengan Newcastle. Robbie Fowler, penyerang kebangsaan Inggris sempat menjadi idola publik Anfield tersebut pernah memegang rekor sebagai pencetak hattrick tercepat, Fowler mencetaknya pada waktu 4 menitt 33 detik dalam pertandingan melawan Arsenal di tahun 1995, rekor tersebut bertahan 20 tahun sebelum akhirnya dipatahkan oleh Sadio Mane yang kala itu membela Southampton, dia mencetak hattrick dalam waktu 2 menit 56 detik saat Southampton berhadapan dengan Aston Villa.

Kenny Dalglish, dia berhasil menjadi pemain dan manajer sekaligus bagi Liverpool pada tahun 1985, hal tersebut terjadi setelah pengunduran diri dari Joe Fagan, Dalglish sendiri membela Liverpool selama 13 tahun lamanya dimana dia kemudian melatih Blackburn Rovers hingga tahun 1995. Itulah pembahasan mengenai pemain-pemain Liverpool yang berhasil cetak sejarah bagi tim berjuluk The Reds tersebut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here